Montessori Birthday Walk (Syakira's 3rd Birthday)

by - Wednesday, November 29, 2017

Syakira berjalan mengelilingi matahari

~ 28 November 2017 ~
Adalah hari istimewa bagi syakira karna usianya tepat 3 tahun. 🎉🎊
Tapi karna satu dan lain hal, kami tidak merayakannya.

Di tahun sebelumnya, saat syakira 1 tahun, saya membuatkan aktifitas melukis huruf yang sudah dicetak bertuliskan "S1" (syakira 1 tahun). Saya buatkan cat yang aman, terbuat dari maizena, air, dan pewarna makanan. Kegiatan ini bisa diintip disini

Tahun berikutnya, saya tidak membuatkan acara khusus untuknya. Saya dan suami hanya mengajaknya jalan2 keluar kota. Cukup untuk quality time kami bertiga saja ^^

Di tahun ini, saya lebih berkenalan dengan Montessori Birthday Walk sejak ada acara ultah temannya syakira di sekolahnya. 
Saya belajar, bagaimana filosofi montessori birthday walk itu. Diperkuat lagi dengan tontotan dari youtube yang bisa dilihat disini atau disini
Makin kuatlah tekat saya untuk mempraktekkan filosofi ini di hari ulang tahun syakira. 

And that day comes.. 

Alat & bahan yang dibutuhkan adalah :
1. Matahari dari flanel/print2an dan sejenisnya
2. Lilin & gelas untuk tempat lilin
3. Label nama2 bulan
4. Bola dunia sebesar ukuran anak (saya memakai bola dunia miniii dari busa) 
5. Foto2 anak per tahun (sesuai usianya saat ini) 


Pertama2, Saya gelar alas untuk media permainan ini. 
Di atasnya, saya letakkan matahari yang terbuat dari flanel. Sebagian orang lebih suka menjahit flanel & nama bulan2nya menjadi 1. Namun bagi saya pribadi, saya lebih suka bila nama bulan2nya tidak dijahit, agar bisa dibuat permainan mencocokkan nama bulan dsb, juga untuk menghemat flanel 😁

Ide lain untuk membuat si matahari ini bisa dilihat di pinterest (aplikasi di playstore) dengan kata kunci "montessori birthday walk" seperti di bawah ini

Saya tanyakan padanya nama tata surya di bumi kita (saya tunjuk gambar matahari & review nama planet kita apa ya? Dia lupa2 ingat 😁). 
Juga menanyakan tentang fungsi matahari bagi bumi. 
Horeee, dia jawab "fire". Yup! Matahari memberi cahaya, menyuburkan tanaman, membuat kita hangat. Daan matahari itu ada di atas sana. Matahari itu panas. (sambil presentasikan, letakkan telapak tangan di atas bara api dari lilin. Anak juga boleh mencoba). Alhamdulillah, Allah ciptakan matahari dengan banyak fungsinya. ^^☀

Selanjutnya, saya nyanyikan lagu nama2 bulan yang nadanya terinspirasi dari gurunya syakira saat ada birthday party di sekolahnya 🎉 sambil meletakkan satu persatu label nama bulan yang saya buat dari ms. Word & saya laminating agar lebih awet. 

🎶🎤 Januari februari maret april mei 
Juni juli agustus september
Oktober november desember
Itu nama bulan
Dalam satu tahun penuh 🎶

(nadanya boleh bebas yaa. Suka2 aja hehe) 

Saya beritahukan bahwa syakira lahir di bulan November, tgl 28, tahun 2014.
Saya perlihatkan album fotonya saat baru lahir. 
Lalu bumi mengitari matahari selama 1 tahun. Saya meminta dia untuk membawa bola dunia mini, mengitari matahari sambil bernyanyi.. 

🎶🎤 The eath goes around the sun
The earth goes around the sun
The earth goes around
The earth goes around
Then syakira turn to 1 🎶


Selesai berputar dan bernyanyi, kami buka album foto syakira yang sudah saya buatkan. Foto ini sebenarnya cukup 4 saja (dari 0-3 tahun @1 foto). Si ibu bisa menceritakan kisah2 singkat di tahun tersebut, perkembangan anaknya seperti apa? Sifatnya seperti apa? Dsb. 
Tapi saya modifikasi, saya buatkan album per bulannya. Tujuannya agar bukan saya saja yang bisa bercerita, namun dia juga bisa mengingat kembali kegiatannya selama 1 tahun penuh itu dst. 
Bisa diintip isi albumnya disini


Siklus berputar mengelilingi matahari, buka album itu diulang terus sampai sebanyak usianya. 
Karna syakira 3 tahun, maka syakira berputar sebanyak 3x.

Lalu kegiatan terakhir, kami mencocokkan nama2 bulan. 


Baru kemudian dia asik & fokus meniup lilin sampai 5x putaran (5x tiup-nyalakan ulang) 😂😂


Ulang tahun syakira memang tidaklah meriah, tidak juga mewah. Tapi semoga bermakna indah di hati syakira 💞

Jadii, ringkasan dari aktifitas montessori birthday walk syakira adalaah Belajar ttg..
☀ sifat matahari (panas, membuat hangat, menyuburkan tanaman) 
☀ nama2 bulan
☀ aktifitas bumi mengelilingi matahari selama 12 bulan. (saya beri tau bahwa syakira lahir di bln nov, tgl 28, thn 2014. Syakira mengelilingi matahari sambil bawa bola bumi sebanyak usianya) 
☀ lihat & cerita ttg foto2nya di album, mulai dr 0-36 bulan
☀ main mencocokkan nama2 bulan
☀ main tiup2 lilin 😂 5x nyalain lilin baru puas, klo ngga distop minta lagii 🙈

Dan inilah kamiii.. 

 



You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira