Aku Paham Apa yang Umi Katakan.. (Game Kelas Bunda Sayang IIP level 1 #Day 8)

by - Thursday, November 09, 2017

Komunikasi : Posisi Kepala Sejajar

Postingan ini, bisa dibilang, adalah testimoni dari hasil komunikasi produktif dengan anak. 
Mohon koreksinya bila salah, karna saya juga masih belajar untuk terus melatih diri, berkomunikasi yang baik dengan anak ^^

Pagi ini, setelah semua ritual pagi usai, syakira menagih minta nonton TV 📺 
Syakira : "Mi, syakira mau nonton."
Saya : "no no. Pagi2 ngga boleh nonton. Bolehnya main. Syakira mau main apa?"
Syakira : "nontoooon.." (merengek) 
Saya diamkan sejenak sembari menunggu dia tenang. 
Syakira : "Mi, mau coklat."
(Hasil dari komunikasi produktif : Memberi Pilihan). Syakira sudah paham bahwa bila 1 keinginan tidak dipenuhi, dia bisa minta keinginan lain asal keinginan itu sudah sama2 disetujui kedua belah pihak.

Persetujuan kami berdua :
Boleh jajan apa aja asal bukan yang bermsg (sosis masih boleh, tp jarang), mengandung citrun (seperti yup*. Kadang msh sy bolehkan. Tp bs dihitung setahun brp kali), permen (karna bisa merusak gigi).
Jajan yg aman yg diperbolehkan apa dong? Coklat! Byk ibu2 yg melarang, tp saya tidak. Saya ngelarang ini itu, tp sy bolehkan 1 hal untuk penyeimbang. Jadi adil kan? 😁
Asal setelah makan coklat, minum air putih/gosok gigi.
Apa kabar gigi syakira? Sehat! Putih 😁

Lalu saya ambilkan 1 coklat dari saku.
Dia pun tenang, asik makan coklat, lalu main lagi. (kelupaan blm ngasih minum hehe).

Beberapa menit kemudian..
Syakira : "mi, mau nonton.. Eh, no no. Ngga boleh nonton.. Hehe"
Saya : "iya, klo pagi ngga boleh nonton ya. Nontonnya nanti kalo sudah siang."
😍😍 dia paham perkataan umi.

Dia pun maiiiin sampai siang datang. Dia sudah lelah, saya pun lelah.
Saya : "De, ini udah siang. Syakira mau nonton?"
Syakira : "sudah siang ya? Iya, mau nonton."
Saya : "oke, mau nonton apa?"
Syakira : "paw patrol"
Dia pun nonton, sampai kami berdua tertidur.

Kenapa saya ingatkan dia tentang nonton?
📺 Saya ingin menepati janji. Menepati janji ini, selain mangajarkan moral, juga membangun kepercayaannya pada saya.
Jadi bila saya sudah berkata akan memberi A, dia akan paham bahwa nanti pada saatnya, jadi dia tidak perlu khawatir.
📺 Mengajarkan konsep pagi-siang.
📺 Belajar mentaati aturan.

Terima kasih nak untuk hari ini ^^
Alhamdulillahi rabbil alamin..

#syakira35bulan
#syakira2tahun


You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira