[Think Creative!💡] DIY Aparatus Area Matematika

by - Monday, July 30, 2018

Dalam homeschooling syakira bersama saya, kami menerapkan metode montessori.
Banyak yang mengira, menjalankan montessori itu berat di ongkos! Well, ngga sepenuhnya benar sih kalau kita bisa mengakalinya dengan ber-DIY! 💪

Disini, saya akan share hasil DIY saya di area Matematika, yang dalam metode montessori disebut sebagai "aparatus". 
Check this out. 👇

Aparatus asli area matematika
Untuk belajar angka 1-9

1. Sandpaper Number
Aparatus matematika berupa papan berwarna hijau yang ditempelkan angka bertekstur (biasanya dari amplas halus).
Gunanya untuk stimulasi indra peraba & memperkuat ingatan tentang cara menulis angka 1-9.

(foto menyusul)

2. Number Rods (belum saya buat versi DIY nya. Masih on project)
Berupa kayu berwarna merah-biru untuk belajar tentang kuantitas benda. Bisa juga untuk belajar penambahan dan pengurangan.

3. Spindle Box
Berupa kotak bersekat dengan stik untuk belajar kuantitas benda dan pengenalan konsep 0 = tidak ada.

4. Counter
Berupa angka dan "counter" bulat berwarna merah untuk belajar tentang ganjil-genap. Biasanya dilengkapi dengan kartu untuk perkenalan awal.


5. Beads Hanger
Saya belum menemukan sumber ilmunya, namun saya pernah melihat di postingan teman saya. 😬 ini harusnya 1-9. Saya terlalu banyak buatnya 😅


6. Beads (foto menyusul)

Demikian beberapa hasil DIY aparatus area matematika versi saya. Bahan utamanya adalah kardus, bahan yang sangat murah dan mudah didapat dimana saja, bukan? 😉

Mari semangat berDIY, terutama ibu2 yang menerapkan montessori di rumah! 👏💪

You May Also Like

1 komentar

  1. Sangat membantu sekali. Saya ingin menerapkan proses pembelajaran berbasis metode Montessori.

    ReplyDelete

Follow Us @ameera_syakira