*Mengasah kreativitas anak*

by - Sunday, July 29, 2018

Camilan 1 level 9
_Rabu, 25 Juli 2018_

*Mengasah kreativitas anak*

Anak kita pada dasarnya adalah mahluk yang super kreatif hanya saja terkadang pola asuh kita membuat kreativitas mereka tidak berkembang sesuai dengan fitrahnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengasah kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan :

1.  *Bermain*
Bermain merupakan hak anak, saat bermain anak – anak dapat menemukan hal baru serta tantangan baru. Saat bermain seluruh tubuh akan bekerja, banyak kegiatan yang menyenangkan yang dapat memicu kreativitas anak saat bermain, seperti : bermain lego,tangkap bola, petak umpat, bongkar pasang/puzle, tebak gambar dan lain – lain. Saat anak berusaha memecahkan sebuah tantangan disaat itu maka otak kreatif nya akan bekerja.

2.  *Biarkan berimajinasi*
Pola asuh yang melarang anak berbicara sendiri secara tidak langsung akan mematikan imajinasi anak. Berimajinasai pada anak – anak adalah hal yang lumrah, saat berimajinasi terkadang akan muncul ide – ide cemerlang yang akan menjadi solusi di masa depan, contoh mobil terbang mungkin akan menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan dan sebagainya.

3.  *Membiasakan untuk memberi pertanyaan yang kreatif sehingga memancing rasa ingin tau anak*
Saat anak – anak bertanya kebiasaan kita adalah langsung memberikan jawabannya, namun disaat kita mencoba kembali bertanya tentang apa yang di tanyakan tentunya hal ini akan memicu kreativitas nya. Contoh,  jika anak bertanya : sapi itu makan apa?” bisa kita jawab “ dengan : “ yuk kita lihat sapi makannya apa, adek bisa sebutkan?” dengan demikian anak akan berusaha untuk berfikir dan menjawab pertanyaanya sendiri

4.  *Hindari kata “salah atau menyalahkan” dan mengurangi larangan*
Saat ini sudah lazim melihat orang – orang memakai sandal japit dengan berbeda bentuk atau warna, pun demikian pada anak – anak saat mereka memakai kaos kaki yang bukan pasangannya bisa jadi ini merupakan ide kreatif mereka. Jika bunda ingin melarang nya usahakan memberikan pengertian sehingga anak berfikir dan mengerti bukan langsung melarang atas tindakan tersebut

5.  *Berikan apresiasi*
Usahakan memberikan apresiasi dalam hal sekecil apapun. Saat anak merasa diri nya bisa dan usaha mereka dihargai maka mereka akan berusaha lebih baik dan tidak takut untuk mencoba tantangan yang baru

6.  *Bebaskan anak bereksplorasi*
Bereksplorasi merupakan hal ajaib yang dapat memicu kreativitas anak. Saat bereksplorasi mereka akan bermain sekaligus berimajinasi tentang lingkungan sekitarnya.

7.  *Menggunakan waktu senggang dengan kegiatan yang kreatif*
Saat ada waktu senggang atau liburan, bisa digunakan dengan bermain kreatif misal berkebun, membuat kreasi ‘DIY’, bermain di luar rumah atau out bond dan masih banyak lagi. Dengan begitu anak akan banyak mendapat pelajaran bersosialisasi, kerjasama dan tentu saja liburan menjadi lebih menyenangkan.

8.  *Bercerita dan bergurau*
Perbanyaklah bercerita dan bergurau dengan si kecil, dengan demikian maka perbendaharaan kata anak semakin bertambah. Dengan perbendaharaan kata yang cukup maka anak akan semakin percaya diri mengeluarkan ide kreatif nya.

9.  *Melakukan kegiatan sehari hari*
Kita dapat mengajak si kecil melakukan kegiatan sehari – hari, seperti merapikan mainan seusai bermain, membersihkan air yang tercecer, menyapu dan sebagainya.

10.  *Istirahat yang cukup*
Tidur adalah kesempatan memulihkan diri dengan mengistirahatkan dan menyegarkan pikiran sehingga tetap kreatif. Otak terus bekerja sangat aktif selama kita tidur.

🐾 _tim fasilitator bunsay3_ 🐾
-----------
Sumber bacaan :
www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/10-cara-mengasah-kreativitas-anak

https://id.theasianparent.com/membangun-kreativitas-anak

https://id.wikihow.com/Menjadi-Kreatif

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira