Apa itu Montessori?

by - Thursday, November 30, 2017

Materi Kuliah WhatsApp Rumah Main Anak

🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂🍃🍂
PENGENALAN METODA MONTESSORI 
Oleh : Ivy Maya Savitri (Rumah Montessori)

❣APAKAH MONTESSORI ITU ? 
-Montessori merupakan metode pengajaran yang dipelopori oleh Dr. Maria Montessori.
-Montessori memadukan antara ilmu kedokteran (psikologi perkembangan anak) dengan ilmu pendidikan konvensional.
-Metode Montessori menggunakan peralatan edukatif yang dirancang sesuai kebutuhan anak. 
-Metode pendidikan ini khususnya diberikan untuk anak usia 0-12 tahun, meskipun saat ini ada 1 SMP di Bogor yang menggunakan metode Montessori. 
-Metode ini bersifat universal (mempelajari seluruh kebudayaan di dunia).
-Metode ini bertujuan untuk membentuk pribadi anak yang mandiri, percaya diri, dan menghargai perbedaan sehingga dapat menjadi warga dunia yang andal. 

❣MENGAPA METODE MONTESSORI? 
-Metode ini memperhatikan kepentingan/kebutuhan anak secara perseorangan (child centered).
-Memiliki prinsip-prinsip yang terdefinisi dengan jelas sampai ke tata cara pelaksanaannya. 
-Dilengkapi dengan peralatan pendidikan yang memiliki fungsi, cara penyampaian, dan kontrol yang jelas. 
-Menerapkan pola ajar yang melibatkan anak secara aktif, interaktif, dan bervariasi. 
-Melibatkan seluruh indra sehingga sesuai dengan tahap awal pembelajaran anak usia dini yang belajar melalui indra-indra mereka. 
❣APA ITU MONTESSORI MODERN? (MONTESSORI IN MODERN APPROACH) 
-Montessori merupakan metode yang sudah berumur lama dan masih relevan digunakan sampai sekarang.
-Zaman semakin maju dan terjadi perubahan di berbagai bidang (cara pandang, budaya, kebutuhan di masa mendatang) contoh : zaman sekarang banyak diperlukan orang yang andal untuk bekerja secara tim maupun individu/independen.
-Memadukan, menambahkan kurikulum/metode/cara apapun yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak serta kebijakan pemerintah setempat dengan tidak menghilangkan ‘benang merah’ tujuan dari metode Montessori itu sendiri. 

❣SEKILAS RIWAYAT HIDUP DR. MARIA MONTESSORI 
Maria Montessori lahir di Chiaravalle-Italia tahun 1870. Ia merupakan dokter wanita pertama di Italia yang menangani anak-anak terlantar dan tertarik pada pendidikan untuk anak dengan keterbelakangan mental dan kesulitan belajar lainnya. Pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Jean Itard (The Wild Boy of Averyon, Education of The Senses) dan Edouard Seguin (Education of The Movement)  serta para pemikir pendidikan lainnya, seperti Rousseau, Pestalozzi, dan Froebel. Pada tahun 1906 ia mendirikan Casa dei Bambini (Rumah Anak) di Roma untuk anak usia 3-6 th. Peserta didiknya beragam karakter, baik normal maupun anak berkebutuhan khusus, anak-anak dari kaum menengah ke bawah, buruh, dll. Ia menulis buku The Secret of Childhood, The Discovery of the Child. Montessori meninggal dunia di Belanda tahun 1952. Metode Montessori banyak digunakan di seluruh dunia (Asia, Eropa, Amerika) sampai saat ini. 

❣FILOSOFI DASAR METODE MONTESSORI 

💖BAGAIMANA SEORANG ANAK BELAJAR ? 

💖KARAKTERISTIK UMUM ANAK 
Montessori percaya bahwa semua anak, dimanapun dan kapan pun pada umumnya :
-Memiliki otak yang menyerap semua informasi (absorbent minds)
-Melalui periode sensitif 
-Ingin belajar 
-Belajar melalui bermain 
-Melalui tahapan perkembangan 
-Ingin mandiri 

💖APAKAH ABSORBENT MINDS ? 
-Menyerap informasi dan belajar dari lingkungan tanpa sadar dengan kecepatan yang tinggi. 
-Mempengaruhi perkembangan anak di masa yang akan datang 
Terdiri dari dua tahap :
* tahap tidak sadar (0-3 tahun)
* tahap sadar (3-6 tahun) 

💖PERIODE SENSITIF 
-Merupakan periode sementara dalam kehidupan anak di mana dia sangat sensitif terhadap aspek tertentu. 
-Menunjukkan pola tingkah laku : 
1. melakukan suatu kegiatan berulang-ulang sampai akhirnya satu keahlian terbentuk (misalnya : jalan).
2. Menunjukkan vitalitas dan kesenangan dalam melakukan kegiatan tersebut.
Beberapa periode sensitif mungkin terjadi bersamaan, sementara yang lain mungkin berurutan.

SENSITIVE PERIODS (Periode Sensitif)
1⃣Sensitive Period of Order (0-3 thn)
2⃣Sensitive Period of Language (0-6 thn)
3⃣Sensitive Period of Walking (1-4 thn)
4⃣Sensitive Period of The Social Aspects of Life (2-6 thn)
5⃣Sensitive Period of Small Objects (1-2 thn)
6⃣Sensitive Period of Learning Through Senses (0-5 thn 9 bulan) 

💖ANAK INGIN BELAJAR 
-Motivasi bawaan untuk belajar : suatu proses dimana perubahan permanen terbentuk dalam diri seseorang 
-Pada usia 3 thn keinginan belajar meningkat 
-Suka meniru, eksplorasi dan adaptasi 

💖BERMAIN SAMBIL BELAJAR
-Main untuk orang dewasa berbeda dengan main untuk anak 
-Pentingnya bermain bagi anak 
-> belajar untuk marah, rebutan, mempertahankan diri, berkelahi, berbagi 
MAIN = KERJA = BELAJAR (play is work for children because they are learning) 

💖TAHAPAN PERKEMBANGAN 
TAHAP 1 : 0-6 tahun 
TAHAP 2 : 6-12 tahun 
TAHAP 3 : 12 – 18 tahun 

💖ANAK INGIN MANDIRI 
-Kebutuhan bawaan sejak lahir 
-Membentuk rasa percaya diri 
-Perlihatkan keterampilan yang diperlukan 
-Beri mereka waktu 
-Orientasi pada proses 

💖KARAKTERISTIK LINGKUNGAN KELAS MONTESSORI 
1⃣Lingkungan Fisik 
Lingkungan Estetika 
Lingkungan Intelektual 
Lingkungan Sosial dan Emosional 

LINGKUNGAN FISIK 
-Peralatan  yang disesuaikan dengan ukuran anak (child-size equipment)   agar anak tidak perlu banyak dibantu dalam melakukan kegiatannya (proses untuk mandiri).
-Benda-benda yang nyata di kehidupan sehari-hari(real objects).
-Mudah untuk keluar ruangan kelas (access to garden) untuk kebebasan bergerak dan belajar di alam bebas terbuka.
-Stimulasi  penuh dengan alat-alat yang akan menstimulasi semua potensinya. 

2⃣LINGKUNGAN ESTETIKA 
-Indah
-Terstruktur dan teratur 
-Bersih 
-Tenang dan damai 

3⃣LINGKUNGAN INTELEKTUAL 
-LIMA AREA KURIKULUM : Practical Life, Sensorial, Language, Mathematics, and Cultural.
-Material didaktik : koreksi melekat, masing-masing satu buah. 
-Peralatan digunakan sesuai dengan peruntukkannya, dipelihara, bergiliran dan dikembalikan pada tempatnya. 
-Modern Approach : alat dapat dipresentasikan dalam kelompok besar maupun kecil, beberapa alat dapat dimainkan bersama.

4⃣LINGKUNGAN SOSIAL DAN EMOSIONAL 
-Kebebasan yang bertanggung jawab -> anak-anak bebas bergerak saat beraktivitas sesuai dengan kenyamanan.
-Kelas lintas usia (vertical grouping) -> usia anak dalam satu kelas dicampur (2-6 th) agar dinamika sosial lebih beragam dan juga untuk stimulasi anak dalam menghadapi teman-teman di berbagai usia. 
-Guru sebagai role model   guru/fasilitator yang konsisten, tegas tanpa kehilangan sentuhan individual dalam menangani anak dan kelas. Guru disebut 'directriss'.
-Pendekatan positif 

💖CATATAN PENTING DALAM KELAS MONTESSORI 
-Kegiatan diperlihatkan secara perlahan dan hati-hati  anak mencermati & menganalisa.
-Minimum percakapan  menjaga konsentrasi.
-Mengenalkan materi (presentasi kegiatan) bertahap sesuai dengan tingkat kesulitannya begitupun dengan mengenalkan bahasa. 
-Anak selalu diberi semangat dan dukungan.
-Jangan pernah menyalahkan, mengkritik bahkan membetulkan hasil pekerjaan anak-anak.
-Tunggu sampai kemampuannya tercapai (self learning).
Mengulang presentasi  materi jika diperlukan.

💖GROUND RULES FOR DIRECTRESS 
-Menjaga keteraturan, kerapihan, dan kebersihan 
-Menerapkan keindahan dan kesederhanaan 
-Memastikan adanya rasa saling menghargai 
-Jagalah konsentrasi anak 
-Perkenalkan & aktifkan anak untuk segera kontak dengan dunia dan kenyataannya 
-Selalu siap melayani & menolong anak (help them to do it by themselves)
-Mengamati anak dengan cermat 
-NO PUNISH & NO REWARDS  for child’s WORK, but kita boleh memberi ‘konsekuensi’ jika berkaitan dengan behaviour anak.
-Semua benda dalam kelas digunakan sesuai dengan fungsi & peruntukannya 
-Tidak membandingkan seorang anak dengan anak lain

Terima kasih

🍃🍂🍃🍂🍃🍃🍂🍃🍂
IG @rumahmainanak
FP FB: Rumah Main Anak
Web: rumahmainanak.com

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira