[Review Buku] GENTLE BIRTH BALANCE by Yesie Aprilia, S.Si.T., M.Kes

by - Monday, December 25, 2017


Kali ini saya ingin sharing tentang buku yang saya sebut sebagai "kitab wajib" terutama bagi para bumil yang ingin memberdayakan diri dan merasakan indahnya persalinan dengan minim trauma dan intervensi medis.

Tapi sebelumnya, harus saya sampaikan kabar sedih bahwa buku ini sudah sold out! Dan entah kapan bu yesi berencana untuk cetak ulang huhu.. 😭
Jadi bila berminat untuk membaca buku ini, bisa pinjam teman terdekat atau cari toko buku yang sekiranya masih punya stok ini yaa. Butuh perjuangan memang, tapi dijamin buku ini layak dimiliki! 😍

~ Identitas Buku ~

Judul : GENTLE BIRTH BALANCE : Persalinan Holistik Mind, Body, and Soul

Penulis : Yesie Aprilia, S.Si.T., M.Kes.

Genre : Kesehatan/Kehamilan

Penerbit : Qanita Mizan

No ISBN : 978-602-1637-40-1

Harga : 100.000 (non member @keluargagentlebirth)/ 90.000 (member @keluargagentlebirth)

Beli di : admin @keluargagentlebirth (via whatsapp)

Jumlah Halaman : 296 halaman

Tahun Terbit : 2014

Sinopsis buku

Bacaan semua orang agar melek kehamilan untuk meningkatkan kualitas proses melahirkan dan janin yang dilahirkan … meluruskan salah kaprah gentle birth.
—dr. M. Nurhadi Rahman, Sp. OG.

*

Proses persalinan adalah proses yang sangat sakral dan pasti terkenang seumur hidup karena merupakan proses yang sangat transformasional bagi seorang wanita, saat seorang wanita berubah status dan peran menjadi seorang IBU. Menciptakan pengalaman lahir dan persalinan yang positif merupakan awal yang baik, kunci untuk masa depan.
Bersyukurlah bagi Anda yang bisa mempersiapkan dan mendapatkan saat-saat indah ini dengan baik, mudah, dan sempurna. Sebagaimana setiap kelahiran itu unik, pada saat ini, rupanya hal itu tak bisa didapatkan cukup dengan niat semata. Untuk itu, hadirlah panduan ini. Bidan Yesie Aprillia dengan bekal pengalaman bertahun-tahun menciptakan gentle birth dalam setiap kelahiran, memaparkan segala hal untuk sebuah persalinan yang lembut, nyaman, dan minim trauma.

 Mempersiapkan diri sejak awal
 Menyiapkan para pendukung kelahiran: pasangan, keluarga besar, pendukung medis
 Menyesuaikan dengan keadaan fisik sang ibu
 Membangun perspektif baru dalam persalinan
 Menanti kelahiran dengan nyaman dan lembut.


~ BEDAH BUKU ~

Buku ini diawali dengan kata pengantar dari 2 provider kesehatan yang kondang seantero nusantara *lebayy* : dr. M. Nurhadi Rahman, Sp.OG dan Ibu Lanny Kuswandi. Bagi yang sudah mengenal gentle birth, pasti kenal dong ya dengan 2 provider tersebut. 

dr. Adi, sapaan umumnya, adalah seorang dokter spesialis kandungan di salah satu RS terkenal di Jogja yang kondang akan pemikiran dan praktiknya yang sangat pro dengan filosofi gentle birth. Di Indonesia, dokter seperti ini sangatlah langka, mengingat banyak sekali teori kedokteran yang hampir berseberangan dengan teori dalam gentle birth. 

Sedangkan bu Lanny adalah bidan, doula, serta salah satu penggiat gentle birth yang tergabung dalam hypnobithing Indonesia bersama-sama dengan Bu Yesie dan para pengampu lainnya.
Beliau sering kali berbagi ilmunya di akun instagram beliau -- @lannykuswandi
Dilihat dari postingannya saja, bisa sekilas disimpulkan bahwa beliau sangat banyak menginspirasi para ibu hamil di Indonesia.

Bab I : Kehamilan yang Sehat dan Sadar
Mengulas tentang pentingnya ibu hamil untuk "sadar diri" bahwa di dalam tubuhnya, sedang ada seorang janin yang terus tumbuh dan berkembang tiap bulannya. Karna pertumbuhan itu, wajar saja bila terjadi banyak sekali perubahan dalam tubuhnya. Dengan menyadari 1 hal ini saja, ibu hamil bisa setidaknya minim mengeluh. Lagipula, setaip keluhan ibu hamil pasti ada solusinya. Dalam buku ini, Bu Yesi memberikan beberapa solusi untuk berbagai keluhan bumil antara lain tentang : tidur, masalah kulit, konstipasi/sembelit, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, payudara yang sakit, panas dalam (heartburn) dan wasir.

Bu Yesi mengajak para bumil untuk menulis diary kehamilan yag berfungsi sebagai terapi emosi, penyemangat jiwa, juga sebagai kenang2an di masa kehamilannya. 
Berikut lampiran diary yang saya tulis di buku ini :

Menjadi bumil juga harus sadar akan pola pikir, pola makan dan kesehatan jiwanya. Karna semua hal itu berpengaruh besar terhadap kesehatan dan kesejahteraan janin di dalam rahim. (nutrisi penting di tiap semester kehamilan tersedia di bab ini). Ada berbagai cara untuk berkomunikasi dengan janin yang dijelaskan di bab ini. Semua indra berperan sama pentingnya untuk aspek komunikasi dengan janin.

Bab II : Art and Science dalam Persalinan
"Begitu Anda mengubah cara pandang tentang proses kelahiran, maka proses kelahiran Anda pun akan berubah." --Marie Mongan
Kutipan ini mewakili isi yang terkandung di bab ini. Iyes! Bab ini mengulas tentang upaya untuk mengubah mindset ibu hamil pada umumnya, bahwa "melahirkan itu menyakitkan", menjadi mindset berupa "melahirkan adalah proses alamiah seorang ibu hamil. Sakit dalam persalinan adalah sinyal dalam tubuh bahwa ada proses luar biasa yang sedang terjadi."

Pertama-tama, Bu Yesi mengajak untuk mengafirmasi alam bawah sadar kita dengan menuliskan gambaran persalinan apa yang ingin didapatkan, di dalam lembar yang ada di bab ini.
Berikut afirmasi saya ..


Pembahasan tentang upaya mengubah mindset ini antara lain :
~ Mempersiapkan batin untuk proses persalinan dengan cara pasrah akan hasilnya, namun mengupayakan yang terbaik, tidak menghakimi diri sendiri/org lain, sabar, tidak kejar target, percaya diri, pengakuan & penerimaan dan membangun energi kebaikan dalam jiwa.
~ Mengenal dan memahami berbagai hormon yang sangat berperan penting dalam kehamilan & persalinan. Hormon ini akan membantu kita dalam mengatasi rasa sakit bila dimanfaatkan dengan baik.
~ Memahami proses-proses dalam persalinan (kontraksi dan fase-fase persalinan dari pembukaan 1-10) & anatomi tubuh.
~ Memahami posisi-posisi aktif dalam persalinan yang dianjurkan untuk mengurangi rasa sakit.
~ Memahami ilmu melahirkan dengan atau tanpa mengejan.
Beberapa posisi aktif yang bisa diterapkan selama persalinan

Bab III : Fear and Pain (Takut dan Nyeri) dalam Persalinan, Berisi tentang persiapan diri untuk berdamai dan menikmati nyeri dalam persalinan.

Bab IV : Teknik Bernapas untuk Rahim --Womb Breathing, mengulas tentang teknik-teknik pernapasan dalam persalinan dan tips untuk berlatih teknik pernapasan.

Bab V : Hypnobirthing dan Meditasi, menjelaskan pengertian, manfaat, cara kerja dan aplikasi hypnobirthing dan meditasi dalam kehamilan dan persalinan.

Bab VI : Yoga, membahas manfaat yoga, panduan dalam mempraktekkan yoga, dan beberapa gerakan yoga untuk trisemester ketiga. Gerakan yoga ini didukung dengan gambar seperti di bawah ini ..


Bab VII : Praktik Gentle Birth Balance, menampilkan panduan untuk memulai praktik gentle birth balance selama kehamilan dan proses persalinan.

Buku ini ditutup dengan berbagai rangkuman pemberdayaan diri selama masa kehamilan, saat persalinan selama di rumah, di RS/klinik, setelah proses persalinan, dan lampiran berupa persiapan melahirkan di RS, birth plan (rencana persalinan), dan kalender program gentle birth balance.


~ Kesimpulan ~

>> Bagian favorit dalam buku ini :
Saya paling menyukai lampiran yang bu Yesi sediakan untuk saya isi, berupa afirmasi dan diary kehamilan saya yang tentunya akan menjadi memori tersendiri nantinya terutama bagi saya dan anak saya.

Sebagai orang dengan tipe agak-agak visual 😬, saya sangat menikmati membaca buku ini meski tebal bukunya. Berbagai poin penting, tips-tips, kutipan-kutipan motivasi ditulis dalam huruf tebal, berwarna dan diberi kotak sehingga saya bisa fokus dan mengingat beberapa materi dengan lebih mudah. Belum lagi ilustrasi-ilustrasi seperti berbagai posisi dalam menghadapi kontraksi, saat mengejan, pose-pose yoga, sangat membantu saya untuk lebih paham bagaimana cara mempraktekkannya, mengingat daya imajinasi saya yang pas-pasan. 😅

>> Rekomendasi buku untuk siapa?
Saya merekomendasikan buku ini, utamanya untuk ibu-ibu, entah yang sedang hamil atau tidak, yang ingin mengenal dasar-dasar dalam ilmu gentle birth. 
Buku ini sama pentingnya juga untuk dimiliki para praktisi kesehatan, dokter, bidan, doula, masyarakat umum untuk mengubah perspektif lama tentang "proses melahirkan yang menakutkan", menjadi "proses melahirkan yang indah, yang patut dikenang."

>> Nilai Buku : 9,5 dari 10 


 ~ Penutup kata dari saya ~ 
"Gentle birth bukanlah ilmu baru yang asing bagi para ibu hamil. Gentle birth adalah tentang keyakinan diri, kepasrahan, dan keimanan terhadap proses alamiah yang sudah didesain Allah, sang maha pencipta. Gentle birth sudah lama dipraktekkan oleh para ibu hamil terdahulu, jauh sebelum ilmu kedokteran, kebidanan berkembang dan intervensi medis seperti induksi, operasi secar, dsb lahir. Maka kini pengalaman persalinan ada di tangan kita. Apakah kita akan memberdayakan diri, memahami alamiahnya proses melahirkan ini, sehingga tercipta pengalaman melahirkan yang indah, atau pasrah pada ilmu kedokteran/kebidanan tanpa tau pilihan-pilhan apa yang bisa ditempuh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan?"

Maka mari yuk buuu, berdayakan diri! 😍😍😍 


You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira