Melatih kemandirian day 8 ~ Aku bisa Mandi Sendiri ~ (Game Level 2 Kelas Bunsay IIP)

by - Thursday, December 07, 2017


Salah satu aspek kemandirian yang perlu dilatih di usia 3 tahun adalah mandi sendiri.

Latihan ini sebenarnya sudah kami terapkan sejak bbrp minggu lalu.
Semuanya berproses, mulai dari terbiasa sikat gigi sendiri sejak usia 1 tahunan. Lalu belajar mengguyur badan. Lalu naik tingkat ke keramas sendiri, memencet tempat shampo sendiri. Pakai sabun sendiri. Lalu belajar ceb** dengan tangan kiri.

Sampai detik ini, kami masih berproses.
✔ Sikat gigi sudah oke. Tp masih belum bisa kontrol saat memencet pasta giginya. Cenderung sengaja malah agar pasta gigi yang keluar banyak 😒 (sejak 1 tahun, saya memberikan pasta gigi non flouride, khusus bayi. Lalu setelah dia bisa kumur2, saya ganti dengan pasta gigi berflouride. Dan sama2 rasa strawberry 😅).
✔ Keramas. Sudah mandiri memencet tempat shamponya sendiri, menggosok2 ke telapak tangannya lalu mengarahkan ke rambut.
Tapi masih bagian depan saja yang rata dishampoi. Sambil dimainkan rambutnya, dibentuk2 jadi landak dsb 😅
Bagian belakang, msh saya bantu.
✔ Memakai sabun. Sama seperti shampoan. Bagian punggung msh belum sampai & terlewat. Masih saya bantu. Sisanya sudah oke.
✔ Ceb**. Masih latihan. Namun dia sudah paham bahwa tangan kanan untuk makan, untuk menggambar, tulis2 dsb. Tangan kiri khusus untuk ceb**. Saya tidak pernah mengajarkan ttg tangan baik, tangan buruk. Semua tangan itu baik. Hanya memiliki fungsi yang berbeda ^^

PR saya : 🚿Menyediakan ember di kamar mandi yang disangga kursi agar dia bisa lebih leluasa mengguyur badan sendiri.
🚿Membelikan sandal khusus untuknya untuk di kamar mandi. Agar dia bisa cuci kaki sendiri sebelum keluar kamar mandi.

Hayuk hayuk eksekusii 💪🚿

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira