Melatih Kemandirian Day 11 ~ Tidur Sendiri Tanpa Ditemani Umi ~ (Game Level 2 Kelas Bunsay IIP)

by - Sunday, December 10, 2017


Subuh2 saya kaget, tiba2 ada wajah sumringah datang ke kamar saya lalu minta dipeluk 😍😘

Syakira sudah lulus sleep training sejak lulus sapih.
"tidur sendiri" ini mungkin bagi sebagian orang adalah pencapaian yang biasa saja. Tapi bagi saya, ini luar biasa 😍
Saat menyapih syakira, saya lakukan bertahap. Hingga akhirnya di titik dia ingin nen** saat sedang ngantuk.
Bisa saja saat itu saya ALIHKAN kegiatan nen** nya dengan media lain : dengan botol dot, dengan pacifier (empeng), dengan digendong, dsb.
Tapi tidak! Saya menyapihnya bukan sekedar karna mengikuti sunah nabi, menyapih anak saat usianya sudah 2 tahun.
Namun saya juga ingin menanamkan KEMANDIRIAN padanya.
Maka saat sesi tidur, saya biarkan dia memilih sendiri, kegiatan apa yang bisa membuat dia nyaman? Yang bisa membantunya tertidur TANPA empeng, dot, dsb sebagai pengalihan.

Lambat laun, dia tau sendiri apa yang harus dilakukan saat mengantuk.
Lama2 dia tidur sendiri tanpa harus begini begitu.

Lulus sleep training, tantangan saya lainnya adalah, saat dia terbangun di tengah malam, dia ingin ada saya, untuk menyalakan tv & mengganti channel yang dia mau (kami menggunakan tv kabel. Tvnya ada di kamar neneknya).
Saya was2 karna sebentar lagi akan ada adenya. Sulit kemungkinannya untuk meninggalkan ade, atau membawa ade ke kamar neneknya saat tv sedang menyala.
Maka saya coba beberapa malam ini untuk tidur di kamar kami sendiri, meski abi sedang on kerja (kami biasa tidur di kamar neneknya saat abinya on kerja. Dan tidur di kamar kami hanya saat abinya off kerja). And it really works! 😍
Beberapa malam ini, dia tidak terbangun untuk mencari saya. Pun subuhnya ceria saja meski saya tidak ada di kamar neneknya. 😍

Good job naaak 👏👏
Keep it up! 💪

Oya, saya sangat terbantu sekaliii dengan adanya tantenya yang memahami apa yang dimau keponakannya satu ini. Jadi meski saya tidak disisinya, ada tantenya yang bisa handle sementara 💞
Alhamdulillahi jazakillahu khaira, mba anis 😘 

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira