[I love Math] Berlalunya Waktu

by - Saturday, April 14, 2018


Sejak bulan lalu, saya berusaha melatih syakira untuk mentaati peraturan baru : nonton youtube 30 sampai paling mentok 60 menit per hari. Awalnya memang tantangan yang besar karena dia mengamuk tiap kali waktunya habis. Namun karna tegas dan konsisten, akhirnya sekarang tiap kali saya bilang, "jarum panjangnya sudah di 6 mba.", dia langsung paham maksud saya. Dia berikan hp saya lalu minta sesuatu yang lain.

Jurus saya dalam melatih ini adalah..
1. Perijinan
Saya tegaskan bahwa hp ini adalah hp saya. Bila syakira ingin nonton youtube atau melihat2 lainnya di hp ini, harus ijin dulu secara baik-baik.
Maka tiap dia ingin nonton, dia bilang "syakira mau nonton ... (kuda yang cantik andalannya 😋🐴 >> my little pony), boleh mi?". Bila saya bilang boleh, maka dia ambil hp saya dan buka youtube. Namun bila saya tidak mengijinkan karna belum saatnya (peraturan dari saya : pagi no tv no hp), saya bilang "nanti siang nontonnya." dia pun menurut. 

2. Perjanjian
Setelah dia pegang hpnya, sebelum dia buka logo youtubenya, saya tegaskan "nanti nontonnya sampai jarum panjangnya di 6 ya." sebagai tanda 30 menit sudah berlalu. Tanda masa nonton sudah habis.
Jadi memang disesuaikan dengan jam dimulainya dia nonton. Bila dia mulainya dari jarum panjang 12 kurang atau lebih sedikit, ya janjinya jarum panjang ke angka 6, selesai nonton. Begitu pula dengan jam2 lainnya, menyesuaikan.
Dari sini syakira review simbol angka & menghafal angka2 tertentu. Dia jadi tahu bahwa 12 adalah dua belas. 6 dan 9 itu bagaimana bedanya.

3. Tegas dan Konsisten
Bila sudah waktunya habis untuk nonton, baik saya atau syakira harus patuh pada perjanjian awal. Rewel sedikit tidak apa. Harus tetap ingatkan pada perjanjian awal, nonton sampai jarum panjang di angka berapa? Sambil ditanya, "nonton hpnya sudah selesai. Sekarang syakira mau apa?" 
Bila masih nangis, saya biasanya berkata "umi ngga tau syakira mau apa klo ngga bilang". Masih nangis lagi?, saya bilang "yasudah klo mau nangis, nangis aja dulu ngga apa2. Nanti klo sudah selesai, bilang ya mau apa."

Awal2 memang menantang sekaliiiiii bu. Namun bila sudah dibiasakan sejak sedini mungkin, ke depannya jadi lebiiih mudah.

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira