[Menstimulasi Anak Suka Baca] Pohon Literasi Day 7

by - Thursday, March 08, 2018


What a lovely day today is! 
Hari ini, alhamdulillah kondisi kesehatan kami bertiga sudah lebih baik. Meski masih sendrap sendrup karna pilek, namun pusingnya sudah berkurang. 

Pagi ini, saya kursus mengemudi untuk pertama kalinya. Semua berjalan lancar alhamdulillah. Mengemudi mobil ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Ditambah, syakira yang ikut kursus pagi ini, dengan keriwehannya minta bacakan buku lah, minta nonton youtube lah, minta pulang lah, bisa saya handle dengan baik hingga sekitar 15 menit sebelum kursus usai, dia tertidur di mobil. 😋 ini pencapaian yang oke bagi mamak. Yes! Hisa tetap waras ngadepin syakira meski dituntut fokus nyetir! 💪😛
Sedangkan sakha, alhamdulillah anteng dibawa ibu (neneknya) di rumah. 

Prakteknya 👇(S untuk syakira, U untuk umi) 

S : "umi, ayo baca buku." (sambil melambai2kan buku ke punggung umi yang ada di kursi kemudi, sedangkan dia di kursi belakang) 
U : "umi lagi belajar sayang. Syakira baca sendiri ya"
Lalu diam. 

Beberapa menit kemudian. .
S : "umi, aku mau nonton hpnya umi." (minta youtube-an) 
U : "internetnya ngga nyala nak. Nanti ya klo udah di rumah"
Lalu diam. 

Beberapa menit kemudian.. 
S : "umi, ayo pulang.."
U : "sebentar nggeh, umi belajar dulu. Syakira sabar dulu."
Lalu diam. Lama2 hening. Ternyata tidur 😂

Menjelang siang, saya lelah. Istirahat deh. 
Siang datang, dia minta main. Baiklah, Saya temani main di perpus mini kami sambil saya menggendong sakha yang sedang mengantuk dan minta ditimang. 
Saat yang paling tepat untuk menawarkan membaca buku kan? 😍
Awalnya, saya ambil buku pop up numbers, saya pura2 menawarkan ke sakha, "kita baca buku ini yuk de. Mba syakira mau ikut baca juga?" dia bersemangat menyanggupi ajakan saya. 😋
Alhamdulillah, satu persatu buku dipilihnya sendiri hingga dapat 4 buku hari ini. Mamaknya? Belum sempat baca. 🙈
Bonus quality time lagi hari ini adalah, saat dia membaca buku angka ala montessori, dia tergerak untuk menulis angka2 dari 1-10. 1 gampaaang kan nulisnya. Giliran angka 2, dia tanya "2 gimana mi?" saya bukakan buku angkanya.--Saya takjub melihat dia menulis sesuai dengan yang ada di buku, tanpa menjiplak. Ini kaya maknya banget! 😂 ngga bisa nggambar bagus kalo ngga ada contekan 😂--begituu terus, saya bukakan angka per angka. Dia tulis sesuai, kadang kebalik penulisan angkanya, sampai angka 10. 😍👏
Lalu lanjut gambar bebek, kura2, meski belum berbentuk. 😅 oh anak visual 😍

Jadiii, hari ini, selain membaca, kami mereview tantangan di bulan2 berikutnya. 
Ada komunikasi produktif, ada mengenal gaya belajar anak. 
Ah, rasanya puas dan bangga sekali karna sudah belajar bertahap di kelas bunda sayang. 
Terima kasih bu septi, terima kasih IIP. 💞

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira