[Menstimulasi Anak Suka Baca] Pohon Literasi Day 2

by - Saturday, March 03, 2018


Day 2 merindangkan pohon literasi kami 🌴🍃🌿

Ada yang lupa saya jelaskan di postingan day 1 kemarin 😅
Warna daun di pohon literasi kami memiliki klasifikasi tersendiri. Harusnya 2 jenis warna saja karna kami berdua yang mengisi daun ini. Tapi karna saat saya tawarkan, "mau warna biru atau ungu nak?" dia pilih keduanya 😅 jadi terpakai semua biru dan ungu itu, untuk diisi judul buku yang dibaca syakira. Hehe 📚

Syakira hari ini memilih 3 judul buku :
📔 Princess baby night night
📔 Aku si anak buku
📔 Diriku syakira

Buku pertama, dibaca (dibuka2) sekilas saja. Tidak seantusias biasanya. Lalu umi berpikir sejenak, "apa bukunya dipreloved saja agar lebih bermanfaat bagi orang lain? " 😔

Buku kedua, aku si anak buku. Buku yang asyik dimainkan bersama large moveable alfabet (aparatus montessori untuk belajar membaca). Namun karna syakira belum sampai pada tahap itu, maka sekarang masih sekedar dibacakan umi saja. 
Oya, karna syakira sedang di masa sensitif dengan huruf, maka di bulan ini, umi selipkan pula pelajaran membaca. Umi mulai dari tahapan awal, mengenal fonik huruf. Bismillah, semoga bulan ini umi bisa mengenalkan semua fonik huruf pada syakira. Semua dia suka dan faham. 😅

Buku ketiga, adalah buku bikinan saya sendiri. Buku ini saya tawarkan untuk dibaca karna saya ingin review beberapa pelajaran tentang "mengenal diri sendiri" meliputi nama lengkap, nama panggilan, fonik huruf di nama panggilannya, arti nama panjangnya, alamat tinggalnya, sekolahnya dimana, dan status keislamannya (siapa nama tuhan dan nabinya), juga sekilas membahas tentang 5 rukun islam. Semua ada di buku itu. 
Alhamdulillah meski ada yg lupa, namun banyak ingatnya 💞 (fyi, ada typo di penulisan judul di daunnya. Harusnya tertulis "2. Diriku syakira")

Sedangkan daun warna hijau, adalah khusus daun milik umi. Judul bukunya tidak beragam seperti milik syakira karna umi membaca buku2 parenting dengan jumlah halaman puluhan. Prinsipnya bukan banyak baca beberapa buku, namun memahami & mempraktekkan isi buku tersebut. Maka 1 judul buku bisa saja khatam dalam beberapa hari. 

Buku pertama, islamic parenting. Target hari ini khatam. Alhamdulillah beneran khatam dengan sistem baca cepat hehe
Niat baca ini dulu karna setelah khatam, akan dipreloved agar lebih bemanfaat bagi ibu2 lainnya. Juga karna sebagian besar sudah saya pahami & saya praktekkan. 

Buku kedua, play and learn. Alasan membaca ini juga sama dengan alasan saya membaca islamic parenting (ingin dipreloved). Sistem baca cepat juga karna jauh hari sudah dibaca khatam. Jadi hari ini review dan memfoto halaman2 yang penting saja (halaman busy book).

We're having fun reading books 📚 
Mari lanjut esok hari ~



You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira