Bunda Cekatan - Ini keluargaku

by - Monday, February 03, 2020


Alhamdulillah.. Di minggu ini, kami ditugaskan untuk mencari keluarga sesuai dengan tema belajar yang ingin kami pelajari bulan ini.
Saya memilih manajemen emosi.

Pada awalnya, saya bingung, bagaimana caranya menemukan keluarga di tengah 1800++ anggota kelas bunda cekatan? Woro2 pun sepertinya kurang efektif.
Alhamdulillah dg bantuan tim iip, kami dimudahkan dalam mencari anggota keluarga kami. Dimulai dari isi list tema di regional. Lalu dibuatkan Ketua kelompoknya. Selanjutnya, disatukan dengan anggota lainnya seanggota kelas buncek.

Eng ing eng. . Kaget sekali saya saat tau ada nama saya terpampang sebagai kepala keluarga manajemen emosi 🤣🤣 lbh kaget lagi karna membernya tembus sampai 300++ 🤧

Saya tipe yang tidak sanggup bila harus manjat chat sampai ribuan. Jadi saya ada ide untuk membagi anggota keluarga manajemen emosi menjadi beberapa kelompok kecil untuk memudahkan sharing materi per sub tema.
Ada 5 kelompok kecil yang saya bagi :
Lain2 (tema campur), self healing, innerchild, manajemen konflik dan manajemen marah. Dengan rencana awal member per kelompok ada 30an. Ternyata dr sub tema self healing dan manajemen marah, ada 100++ membernya. Jd sy bagi lg menjadi A B C D.

Konsep pembagian ini adalah
Masing2 ada Ketua yg menggawangi grup kecilnya dan ttp dikoordinasi oleh tim inti.
Nanti di grup kecil itu, mereka diskusi sesuai fokus ilmunya.
Ada jadwal sharing per kelompok untuk sharing bahasan diskusi di grup besar.
Jd semua bs belajar bareng.

Ada suka duka pastinya dalam menghandle 300++ member. Ada yang support, ada yang protes, ada yang ikut2 aja 😅 tapi mudah2an tetap solid dan berjalan lancar semuanya.

Awalnya, saya buatkan dulu di wa. Tp karna sampai 250++ terus saja berdatangan, maka kami boyongan pindah ke telegram 🤣

Setelah berkumpul Di grup utama, kami membicarakan ttg
- nama keluarga kami, yaitu inside out family karna kami disini belajar untuk mengelola emosi agar bs tersalurkan dengan aman dan nyaman.

- tim inti inside out family :
Ada saya sbg kepala keluarga
Ada mba nurina sbg wakil kepala keluarga
Ada mba laila sbg tim administrasi, bergandengan dengan mba umi
Ada mba feli sbg tim notulensi, bergandengan dengan mba erie
Dan mba rusna sbg desain kreatif

- jam operasional kelas agar tdk terlalu banyak chat

- tempat penyimpanan info penting dsb.
Ada grup telegram untuk diskusi terkait kelancaran kelas, ada channel TELEGRAM untuk save info2 penting dan grup2 kecil (ada yg di telegram, ada yg di wa tergantung Ketua grupnya) untuk sharing materi sesuai sub tema yg dipilih sebelum dibagikan ke teman2 di grup utama sesuai jadwal yang sudah ditentukan (tiap senin-selasa)
Dan untuk para tim, ada 2 grup khusus. 1 untuk khusus tim inti. 1 khusus untuk kepala2 grup kecil dan tim inti.

- voting siapa yang akan go live
Kami agak kesulitan disini karna teman2 banyak yg blm awam dg para kandidat go live. Tp alhamdulillah ada saja bantuannya dr teman2 di grup dg cara membagikan alamat medsos masing2 kandidat. Jadi mereka ada gambaran ttg keahlian masing2 kandidat. Hingga akhirnya terpilihlah 1 member yang siap go live 😍


Masih banyak  tantangan emak dalam menghandle begituuu banyak anak di grup 🤧 semoga Allah mudahkan semuaa.. Aamiiin..

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira