Bunda Cekatan - Ini Makananku

by - Tuesday, January 28, 2020

Halo.. ini aku, ulat bernama Aisyah Fitriana yang sedang berkelana di hutan dan menemukan gua.
Di dalam gua, aku menemukan banyaaak sekali makanan lezat yang bisa membuat aku kenyang dan sehat sebelum aku berubah menjadi 🦋

Tapi, sebelum aku makan hidangan dari teman-teman sesama ulat di gua ini, aku harus berbagi juga makanan yang kupunya. Ini nih hidanganku untuk teman-teman incip2.. 👇👇

Slide materi dan penjelasan bs dilihat di
https://drive.gogle.com/file/d/1IjAm_EW_DYSjmcMV0FiFFU4qKEvJTvkS/view?usp=drivesdk  

Contoh visi misi pendidikan anak di keluarga kami 👇
https://drive.google.com/file/d/1TY6-0bWQLk2apPl4VoUy8RXRYoMT7kzS/view?usp=drivesdk

Kurikulum paud yg saya gunakan untuk membuat kurikulum saat syakira usia 2 thn ke atas 👇
https://m.facebook.com/notes/nur-laili-rahmania/draft-kurikulum-playgroup-usia-2-3-tahun/10151835470799319/

Kegiatan belajarnya bisa dicek di instagram dengan hastag #kurikulumsyakirasmt1 (akun @ameera_syakira)
Untuk kegiatan sakha (2y) yg sy buatkan per minggu, bisa dicek di akunnya @achmad_sakha


Saya membagikan tentang kurikulum karna background kuliah saya adalah pendidikan bahasa inggris. tentu di perkuliahan dulu, saya banyak diajarkan tentang cara membuat kurikulum meski dari tingkatan SMP - SMA saja. Namun setidaknya, ada dasar ilmu yang saya gunakan saat saya pindah haluan menjadi ibu rumah tangga yang membersamai pendidikan anak-anak saya di rumah.
mulai anak pertama saya berusia 1 tahun (4 tahun yang lalu), saya mulai belajar dan mempraktekkan pembelajaran ala anak usia dini di rumah. Jadi yang saya bagikan di atas adalah sekelumit bagian dari pengalaman pribadi saya ditambah panduan ilmu dari grup Rumah Main Anak yang digawangi oleh mba Julia Sarah Rangkuti.
Semoga bermanfaat ^^

Nah, untuk makanan lezat milik teman-teman yang saya incip2 diminggu ini adalah topik tentang MANAJEMEN KONFLIK DENGAN PASANGAN, agar senada dengan materi belajar yang saya pelajari minggu lalu. Karna saya belum merasa cukup kenyang untuk belajar tentang topik ini. Jadi saya fokuskan itu dulu ^^


Berikut resume nya..

~ Kuliah Psikologi Emosi di youtube channel "Kuliah psikologi" ~
by Sri Dwi Handayani

Alam bawah sadar itu letaknya dekatdengan hati/perasaan. Segala emosi yang terpendam disimpan dialam bawah sadar. Jadi ketika alam bawah sadar penuh dengan emosi, akan membuat emosi jadi kacau. Oleh karena itu, perlu mengosongkan alam bawah sadar dari emosi2 negatif agar perasaan lebih stabil.

Sumber youtube disini.


~ Management Stres Teori Lazarus & Folkman (1984) ~
by Hikmah IP Jakarta

Stres: kondisi tertekan secara fisik, psikis, emosi maupun mental
Stressor : Sumber/penyebab stres
Coping stres : cara memanage/mangatasi stres

Ada beberapa tahapan sebelum kita berusaha mengatasi stres, antara lain :
1. Kendali kondisi stres
2. Identifikasi sumber stres
3. Memilih strategi coping stres

Untuk jenis strateginya, ada 2 cara :
1. Problem-focused coping >> fokus pada pengurangan dampak dari stressor/menambah sumber daya diri untuk menghadapi stressor tsb. Misal : dengan cara me-time.
2. Emotional-focused coping >> dengan cara mengontrol respon emosional diri dalam menghadapi stressor yang ada di hadapan kita. Misal : merubah rasa kurang PD jadi merasa dirinya sangat berharga bagi keluarga.  

Penjelasan lengkapnya bisa diintip disini.


~ Komunikasi Suami - Istri Teori John Grey (penulis buku 
"Mens are from Mars, Woman are from Venus)" ~
by Fina Febriani

Tips agar bisa memperlakukan suami sesuai dengan karakteristiknya :
1. Fahami nilai yang dianggap penting oleh suami >> kekuasaan, keterampilan, efisiensi dan prestasi.
2. Suami biasanya lebih memilih menyendiri untuk menghadapi (mencari solusi) stres.
3. Sumber motivasinya adalah merasa dibutuhkan/dipercaya.
4. Bahasa yang digunakan >> explicit, to the point, atau diam.
5. Siklus intimasi/keintiman dengan pasangan >> seperti karet gelang. kadang ingin mengendur, kadang ingin merenggang.
6. Fahami penilaian suami atas ekspresi cinta pasangan.

Penjelasan lengkapnya bisa diintip disini.


~ Perbedaan Laki2 dan Perempuan Teori John Grey ~
by Sri Tantri Ip Jogja

1. Multitasking
2. Logika vs perasaan
3. Irit kata vs gudang kata
4. Ingatannya pendek
5. Jangakauan penglihatannya lebih pendek
6. Bila sudah fokus pada 1 hal, maka tidak bisa merespon lainnya

Penjelasan lengkapnya bisa diintip disini.


~ Memahami Bahasa Cinta Pasangan Teori Gray Chapman ~
by Ferris Zachra Ip Bandung 

Ada 5 bahasa cinta manusia :
1. Kata-kata dukungan/pujian
2. Pelayanan
3. Hadiah
4. Sentuhan
5. Quality time

Cara tau bahasa cinta :
1. Tanya langsung
2. Main quiz dengan pasangan tentang 5 bahasa cinta 

Penjelasan lengkapnya bisa diintip disini.

Quiz 5 bahasa ❤😘

Insya Allah camilannya bergizi semua nih 💑💕
Silahkan icip2 😁😁
Semoga bermanfaat ^^

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira