Dasar belajar matematika

by - Tuesday, May 15, 2018

🍉 *Camilan Rabu* 🍉
Rabu, 11 April 2018

Di samping kemampuan membaca, ketrampilan berhitung adalah salah satu ketrampilan dasar yang perlu dikuasai oleh anak-anak kita. Bila ketrampilan membaca dapat memperluas cakrawala anak-anak kita, maka berhitung juga memiliki banyak manfaat, diantaranya:
💝 Anak dapat lebih memahami alam semesta dan hukum-hukum yang berlaku di dalamnya.
💝 Anak dapat membuat rancangan dan konstruksi dengan benar
💝 Anak dapat berlaku adil.
💝 Bisa berbelanja dengan benar dan tidak mudah ditipu.

*Menyiapkan Anak Belajar Matematika*
Kegiatan yang bisa dilakukan agar anak siap belajar matematika diantaranya:
🔰 Mengelompokkan benda menurut sifat dan bentuknya.
🔰 Mengenal jumlah anggota benda.
🔰 Menghitung benda.
🔰 Menebak angka.
🔰 Menulis angka 0-10 dengan urutan yang benar.
🔰 Mengukur dan membelah.
🔰 Mengurutkan benda dari yang besar ke yang kecil.
🔰 Menyusun kepingan puzzle.

*Mulai dari yang Konkret ke yang Abstrak*
Yang dimaksud secara konkret adalah anak masih menjumlah dengan benda dan simbol. Sedangkan, secara abstrak adalah dengan menggantikan benda dan simbol tadi ke dalam bentuk angka.
Contoh:
Konkret: 🐥🐥🐥 + 🐥🐥 = 5
Abstrak:        3      +    2     = 5

*Matematika yang Seimbang*
Biarkan anak mengaitkan ketrampilannya dalam berbagai situasi yang berbeda. Sebagai contoh, gunakanlah angka dalam sebuah cerita. Hal tersebut akan membuat angka dan maknanya menjadi lebih berarti bagi anak-anak. Bawalah si kecil bertualang di dunia angka lewat dongeng-dongeng yang menarik sehingga terkesan lebih luwes dan santai baginya.
Cobalah membuka cerita dengan, 
🌅🐥🌳 “Pada suatu hari, ada seekor burung cantik yang bertengger sendiri di dalam sarangnya yang kosong.”🥚🌳 “Suatu pagi, burung itu melihat sarangnya dan terkejut ketika melihat sebutir telur kecil di antara ranting-rantingnya.” 
🥚=☝Saat yang sama, angkat satu jari Anda untuk menunjukkan sebutir telur tadi dan angka 1. Atau, gambarlah sebuah sarang yang berisi sebutir telur. 

🌅🐥🌳 “Pagi berikutnya, burung itu melihat ke sarangnya lagi. Ia lebih terkejut, karena melihat ada satu telur lagi di sana. Dia menghitung telur itu, ‘Satu, dua.” 
🥚+🥚=✌ Saat membacakannya, Anda angkat dua jari, atau tambahkan gambar sebutir telur di sarang burung.
🥚🥚🥚🥚🥚=🖐 Lanjutkan cerita itu hingga si burung mempunyai lima butir telur di sarangnya. Saat tersebut, angkatlah lima jari, atau menggambar lima butir telur di sarangnya.

```Apakah manfaatnya?```
☘ Anak akan lebih mudah menyerap pemahaman tentang angka secara konkret dan menyenangkan
☘ Imajinasi anak tentang angka pun akan terasah

```Adakah alternatif lain?```
💫​ Mintalah anak untuk mengarang cerita sendiri. Sejauh mana ia bisa memahami konsep angka?
💫​ Gantilah dongeng itu dengan mencipta nyanyian bersama. Ini akan menambah referensi anak untuk mengenal angka.
💫​ Cari video atau film anak yang mengenalkan konsep angka.

Selamat bersenang-senang 🌻

" *Membuat anak BISA itu mudah, membuatnya SUKA baru tantangan* "

Sumber Referensi:
Aziz, Rini Utami. Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. cet-1. Solo 2006. Tiga Serangkai.
Kusuma, Retno. Setiap Anak Berhak Menjadi Jenius. Ed. Muhamad Ilyasa, cet-1, Jakarta 2015. Bestari.
Setyowati, Holy. Aku Anak Cerdas. Jakarta 2014. Elex Media Komputindo.

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira