[Montessori Mobile] Black & White Mobile

by - Monday, June 04, 2018

----------------------------------------------------
Disclaimer :
Day 24th Laporan Ruang Berkarya Ibu 2

Hari ini, saya sedikit berbagi tentang pengalaman Sakha, anak kedua kami, dalam bermain dengan mainan gantung (mobile disebutnya dalam Montessori) tahap paling awal untuk bayi baru lahir.

Selamat membaca ~ 

----------------------------------------------------------------

Bu ibu, siapa yang setuju bahwa bayi berusia 0 - 6 bulan harus terus dilatih indra penglihatannya karna kemampuannya dalam melihat dunia masih belum sempurna? ✋✋ 
Terutama dalam 3 bulan pertama kehidupannya, pandangan matanya hanya jelas untuk melihat sebatas warna hitam-putih lalu berkembang menjadi warna kontras merah-hitam-putih. Maka untuk stimulasi penglihatannya ini, para pakar setuju bahwa mainan gantung yang sesuai untuk stimulasinya adalah mainan gantung dengan warna hitam-putih. Bisa juga dengan media gambar atau buku berwarna kontras.

Mobile pertama sakha. Umi buatkan dari bahan flanel berwarna hitam-putih. Lingkaran besar warna hitam itu adalah pemidangan untuk menyulam. Saya pilox dengan warna hitam agar dia bisa fokus pada mobile nya. 
Detail cara saya menggantung black and white mobile. Saya buat 4 tali dari benang jahit ke atas, lalu diikat, disatukan dengan cara membuat lingkaran dari flanel (yang berwarna hitam). Lingkarannya bisa dilem tembak. Atau dijahit tangan agar lebih kuat. Tambahkan pita putih agar bisa digantung.
Black n white mobile terlihat dari bawah


Seringkali ada yang tanyapada saya, "gimana caranya menggantung mobile nya?"
Maka jawaban saya adalah, tergantung dari situasi kondisi ruangan yang akan dijadikan tempat untuk menggantung mobile ini. Untuk beberapa opsi cara menggantung mobile, bisa dilihat disini.
Saya pribadi menggunakan media siku lemari yang diselipkan di antara lemari yang tergantung di atas tempat tidur kami. Lalu saya masukkan paku ke lubang paling bawah sikunya sehingga pita mobile nya bisa dicantolkan disitu (wkwk jowone metu). Tapi ini bahaya ya. Meski alhamdulillah selama beberapa bulan lalu, sebelum saya menemukan opsi lain, tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka silahkan menggantungkan mobile nya sesuai sikon masing-masing di rumah. ^^

Siku lemari
Sumber : google

Berikut review kami..

Sakha mulai menggunakan mobile ini di akhir minggu ke 2. Saya teruskan menggunakan mobile ini sampai saya rasa fokus dan konsentrasinya sudah oke.

Alhamdulillah, setelah 2 minggu berlalu, jarak pandang sakha meningkat. Pernah suatu saat saya belum sempat merapikan mobile ini ke tempat lain, hanya saya gantung lebih tinggi (lebih dari 30cm) agar tidak mengganggu kegiatan tidur kami, saya melihat sakha memperhatikan mobile itu dengan fokus. 😍 artinya, jarak pandangnya sudah lebih dari 30cm kan? 👏
Barulah besoknya saya ganti mobile nya dengan tingkatan selanjutnya--Munari Mobile.

Saya menyukai konsep stimulasi yang dirancang oleh para ahli Montessori, para murid ibu Maria Montessori untuk mengembangkan kemampuan penglihatan bayi ini. Mainan gantung/mobile yang mereka gagas pertama kali untuk bayi baru lahir adalah Munari mobile. Pernah dengar nama mobile ini bu? hehe saya juga baru kenal saat hamil Sakha. Dan langsung jatuh cinta saat melihat demonya di youtube. What a brilliant mobile! 


Bagi teman-teman yang ingin membuat Munari mobile juga seperti ini, bisa download polanya di bawah ini ya. (optional. Bila ingin membuat dari bahan flanel atau digambar sendiri pun boleeeh. Asal bentuknya harus persis seperti ini ya). 
Warna kayu untuk memasang mobilenya dan panjangnya juga harus sesuai dengan standar montessori yaa.. Berikut catatan saya ☟☟ 
Sumber : dok. pribadi @ameera_syakira
Kayu dowel saya beli disini.
Bola transparan (bila mengikuti printable, maka ukuran seharusnya diameter 8 cm. saya salah beli). Saya beli disini. 
Ribbons/fishing line itu bisa diganti dengan benang putih. Hemat bo' :p
Plastik laminating berguna agar printable nya awet.

bersambung...

You May Also Like

2 komentar

  1. Replies
    1. Di shopee mba. Wimpy apa gt nama tokonya. Bs cari "bola akrilik" ya klo mau cari di shopee ^^

      Delete

Follow Us @ameera_syakira