[Gaya Belajar Anak] Gaya Belajar Syakira?

by - Friday, February 02, 2018

Dalam tantangan level 4 di kelas Bunda Sayang kali ini, saya akan memilih anak pertama kami, Syakira (38 bulan) untuk diamati gaya belajarnya.

Sepanjang perjalanan homeschooling kami, saya amati, syakira sepertinya mempunyai gaya belajar VISUAL AUDITORI. Awal-awal, saya masih ragu karna seringkali apa yang saya ajarkan, tidak langsung melekat lama di memorinya.Saat saya mengajarkan tentang warna, misalnya. Dia tidak langsung hafal "ini warna merah, kuning, dsb." Butuh waktu beberapa bulan hingga akhirnya saya sadar, otaknya butuh waktu untuk mengingat ulang apa yang sudah saya ajarkan.
Saya makin mantap bahwa tipe belajarnya adalah visual auditori setelah melihat dan mengingat kembali perkembangan belajarnya, antara lain :
- Betah lama-lama duduk dan memainkan aktifitas yang saya siapkan (fokus, konsentrasi, mengerjakan)
- Menggambar bunga, persis seperti yang saya ajarkan tentang bunga dan bagian-bagiannya
- Menggambar obyek sesuai imajinasinya
- Kosakata bahasa Inggris makin bertambah tiap harinya lewat bantuan acara TV (kami berlangganan TV kabel. Tontonannya adalah channel Nick Jr dan Disney Jr, berbahasa Inggris)
- Tidak terlalu suka tracing angka atau huruf di pasir 
- Rapi dan teratur
- Suka berbicara pada diri sendiri saat berimajinasi atau bermain 
- Tidak mudah terganggu dengan suara berisik/ramai

Juga dari ceklist berikut ini :

Hasil gambar untuk gaya belajar visual auditori 

Namun bisa saja saya salah. Bisa saja gaya belajarnya berubah seiring dengan stimulasi yang saya berikan dan lingkungan di sekitarnya.
Maka di tantangan ini, saya ingin menguji dan mengobservasi lagi.
Bismillah, mari bermain! 💕😍😘

 

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira