Montessori For Babies

by - Sunday, June 03, 2018


-----------------------------------------------------
Disclaimer  
Day 23th laporan di Ruang Berkarya Ibu 2

Hari ini, saya akan sedikit sharing tentang Montessori for babies.

Saya bukan pakar ataupun alumnus dengan titel Diploma Montessori dsb. Saya hanyalah seorang ibu yang jatuh hati pada pendidikan ala montessori dan mulai menerapkannya sejak anak pertama saya berusia 1 tahun.

Kecintaan saya yang mendalam membawa saya pada puncak penasaran (kepo istilah bekennya :P ) akan Montessori for babies. Bisa ngga sih montessori diterapkan sejak bayi?

Berbekal kekepoan itu, saya menemukan segelintir ilmu di Pinterest, aplikasi favorit saya karna disana menyimpan berjuta ide main untuk penunjang homeschooling kami. ❤❤

Di Indonesia, montessori for babies ini masih sangaaaaaat asing didengar. Belum ada bukunya pula 😭

Karna sulitnya mencari info ini dalam bahasa Indonesia, saya ingin sedikit berbagi ilmu yang sudah saya dapatkan (otodidak) dari para ibu-ibu muda di luar sana yang sudah lebih dahulu menerapkan montessori for babies ini.

Sekali lagi, saya bukan ahli. Saya hanya memberanikan diri untuk berbagi, meski masih belum pantas mungkin bagi saya yang bukan ahli ini untuk membahas ini. 

Namun semoga sedikit ilmu yang saya dapat ini, bisa bermanfaat bagi sesama ibu muda disana yang juga sudah "terlanjur" jatuh hati pada Montessori dan ingin menerapkannya sedari dini mungkin untuk anak mereka.

Salam sayang dari umi.. ❣❤😚


#syakira42bulan
#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#day23
----------------------------------------------------
Sumber : dok. Pribadi
Bu ibu pasti sudah tidak asing lagi bila mendengar istilah "Montessori", bukan?
Di Indonesia, konsep pendidikan ala montessori lambat laun makin diminati oleh para praktisi pendidikan maupun oleh para orang tua sejak munculnya momC--founder indonesiamontessori.com--pada tahun 2010. Buku-bukunya pun sudah banyaaak bertebaran dan masuk ke daftar buku paling laris yang hampir tiap terbit selalu terpajang cyantiik di belakang meja kasir. 💌
Tapi sayangnya, buku montessori for babies belum pernah dituliskan oleh momC. huhu
Umi pun menyingsingkan lengan, mengolahragakan mata, mencari sumber info di instagram dan pinterest. (lebay dikit bahasanya gpp ya kaan :P )
Alhamdulillah, Allah pertemukan saya dengan mba dewi dan mba tia di instagram, orang Indonesia yang mau dengan senang hati berbagi ilmu tentang montessori for babies. Makin semangat lah umi untuk belajar di pinterest. Thank youuu mba 💌💌

Ngomong-ngomong pinterest, banyaaak ide main dan sumber belajarnya. Tapiiii harus berbekal--minimal--paham dan menguasai kosakata dalam bahasa Inggris, karna kebanyakan sumbernya berbahasa Inggris hihi. Tapi percayalah, pinterest ini asik bangeeet. Mata berbinar tiap kali ingin cari ide disana.

Oke kembali ke montessori for babies! :p
Andalan saya di pinterest untuk belajar tentang ini adalah blognya Nicole, The Kavanaugh Report. Di blognya, Nicole membagikan pengalamannya dalam menstimulasi anak-anaknya--tentu bukan hanya yang bayi, tapi juga yang sudah usia balita--dengan metode Montessori. ❣

Karna bahasannya sepertinya akan panjang, maka postingan ini saya anggap sebagai pendahuluan saja ya bu ibuu.. Akan ada postingan selanjutnya insya Allah di malam-malam berikutnya. So stay tune, please ~  😉

Bonusnya, saya ajak bu ibu untuk belajar dari blognya Nicole ya. I hope you like it! ☟☟
👶 Menstimulasi Bayi Baru Lahir dg cara Montessori
👶 Stimulasi Ala Montessori untuk Bayi Baru Lahir (tulisan ala2 mamak 😛)
👶 Beberapa postingan tentang montessori babies for newborn
👶 Montessori Infant Mobile - Visual Series (untuk bayi baru lahir - 3 bulan)
👶 Montessori baby tactile mobile (untuk bayi 3 bulan ke atas)

Sisanya nyusul hihi
Jam malam dataaang ~
Gud nite bu ibuuu

You May Also Like

0 komentar

Follow Us @ameera_syakira